Kamis, 09 Mei 2013

Sejarah Logo F.C Barcelona



Sejak FC Barcelona didirikan, klub ini memiliki lambang sendiri yang menjadi simbol kebanggaan di baju para pemainnya. Lambang pertama FC Barcelona ini berbentu seperti berlian yang dibagi empat bagian, terdapat mahkota dan seekor kelelawar di atasnya, dan dikelilingi dua cabang tanaman, salah satunya cabang pohon laurel dan satunya lagi cabang pohon palem. Lambang pertama klub sepak bola barcelona
ini diperoleh dari lambang kota Barcelona itu sendiri untuk menyimbolkan dari mana klub tersebut berasal.


Lambang klub ini tetap tidak berubah hingga tahun 1910. Setelah Joan Gamper menyelamatkan klub dari krisis pada tahun 1908, pihak terkait membuat keputusan untuk membuat lambang klub sendiri (membedakan lambang kota dan klub). Pada tahun 1910, dibuatlah lambang klub barcelona yang baru dengan memenuhi tiga unsur sebagai berikut:

Warna strip merah dan kuning mengadopsi bendera wilayah Catalonia, mencerminkan semangat Catalanisme.
Gambar salib red cross untuk menghormati seorang Crusader yang pernah melindungi wilayah Catalonia yaitu St.George, dan 
Strip warna merah dan Biru sebagai warna jersey yang dipilih oleh Joan Gamper, terinspirasi dr warna jersey FC.Basel, klub Joan Gamper sebelumnya.

Sejak 1910, perubahan yang dilakukan untuk desain lambang sudah berkurang, kebanyakan hanya memodifikasi bentuk dan polanya sedikit. Perubahan terbesar terjadi pada tahun 1939 akibat sebuah kebijakan politik di negara tersebut. Ketika Francisco Franco memerintah, tulisan FCB di lambang barcelona digantikan dengan CFB, untuk menunjukkan penggunaan bahasa Spanyol pada lambang klub. 

Kediktatoran pemerintahan di masa itu juga mengharuskan penghapusan 2 dari 4 batang pada seperempat bagian di kanan atas lambang klub, ini bertujuan untuk menghapus bendera Katalan di lambang tersebut. Di tahun 1949, 4 batang yang hilang tersebut kembali dipasang di lambang klub di hari yang bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke-50 FC Barcelona dan pada tahun 1974 lambang FC barcelona kembali seperti tahun 1910 lalu dengan tulisan FCB yang tertera pada lambang klub tersebut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar